Cara Melatih Ayam Aduan Agar Jadi Juara Tarung Kandang

Melatih Sabung Ayam untuk Aduan Siap Tarung Kandang

Ibarat seorang petinju, ayam aduan membutuhkan latihan tambahkan kemampuannya jadi juara tarung. Latihan ini meliputi pelatihan fisik dan mental. Pelatihan fisik memiliki arah untuk tambahkan kualitas otot, stamina, dan tenaganya.

Waktu itu, latihan mental berguna untuk tambahkan keberanian dan menambah cerita hidupnya dalam berlaga sebelum menghadapi lawan pada tempat aduan.

Stamina ayam dapat dinaikkan dengan kerjakan latihan teratur seperti berenang, umbar, dan jantur. Seterusnya disertai dengan pemberian pakan bergizi yang kaya karbohidrat, pemberian suplemen, jamu, dan istirahat cukup agar ayam memiliki tenaga.

Untuk tambahkan kekuatan ototnya, lebih konsumsi ekstra protein sejurus dengan latihan-latihan pembangunan otot yang disetarakan dengan usia ayam.

promo sabung ayam win beruntun
Promo Sabung Ayam Online Bebas Arena

Latihan fisik biasanya dikerjakan 30 hari sebelum ayam turun ke tempat aduan

Ada empat anggota tubuh ayam yang penting dilatih secara teratur, yaitu leher, badan, kaki, dan sayap.

  • Latihan leher dan badan dikerjakan dengan memutar leher dan badan ayam ke kanan dan kiri masing-masing 30 putaran sama waktu satu detik per putaran. Cara ini leher ayam menjadi lentur dan mudah menekuk saat mencari kepala lawan dan badan ayam jadi terbiasa berputar saat berlaga nantinya.
  • Latihan kaki hanya cukup menekan punggung ayam ke arah bawah sekaligus gerakkan di muka seputar 30 kali tiap hari.
  • Untuk latih sayapnya, angkat badan ayam setinggi-tingginya dengan kedua tangan, satu tangan memegang dada ayam dan satu tangan kembali memegang sayap. Lalu, lepaskan tangan di dada ayam sekaligus tangan satunya ikut diturunkan ke bawah searah dengan jatuhnya ayam. Lakukan seputar 5—10 kali.

Selanjutnya, buat latih moralnya, latihlah ayam dengan cobanya berlaga dengan ayam aduan lain. Semakin banyak latihan berlaga, akan semakin baik kemampuan, keberanian, dan cerita hidupnya menghadapi lawan. Latih coba ini dapat dikerjakan 5—7 hari sekali sejauh 30 hari sebelum berlaga pada tempat aduan.

Teknik latih ayam aduan ini dapat Anda peroleh selengkapnya dalam buku “Bikin Sabung Ayam Petarung Unggul” . Buku yang dicatat oleh Maloedyn Sitanggang ini akan menjelaskan pengenalan, perawatan, dan perawatan ayam aduan diawali dari beberapa ciri fisik bagus ayam bangkok, penyilangan, mengatur skema makan, latih ayam agar jadi juara, teknik dan model berlaga, sampai bereskan penyakit ayam petarung.